Beranda KABAR SUMBAR Camat Payakumbuh Utara Hadiri Perayaan Khatam Al Qur’an Masjid Al Muttaqin Cubadak...

Camat Payakumbuh Utara Hadiri Perayaan Khatam Al Qur’an Masjid Al Muttaqin Cubadak Aia

87

Payakumbuhpos.com – Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Koto Nan Godang Alek (pesta -red) Anak Nagori yang bersifat regilius dengan unsur keagamaan yakni Khatam Al Qur’an. Olek anak kamanakan yang telah lancar bacaan Al Qur’an nya, dan sudah bisa di Khatamkan oleh guru – guru mengaji nya d mana tempat anak – anak tersebut mengaji. Baik itu TPA dan TPSA serta Surau dan Masjid.

Acara Khatam Al Qur’an ini telah di rencanakan jauh hari atau bulan bahkan tahun, kapan mau diadakannya Alek tersebut. Umumnya pelaksanaan ini di adakan sekali dalam tiga tahun. Dalam acara ini yang bersifat alek Kenagorian para Niniak Mamak, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat serta guru – guru mengaji akan berembuk bersama dalam suatu acara yakni Ba Adok Adok (bertatap muka -red)
menentukan hari serta jadwal acara khatam tersebut. Tidak luput para perantau dan birokrasi serta anggota DPRD di libatkan untuk menyemarakkan acara Khatam tersebut. Dengan hadiah yang berlimpah dalam perlombaan ini membuat anak yang ikut bersemangat. Melalui peningkatan dalam baca Al Qur’an.

Pada hari Rabu 11 Maret 2020 Perayaan Khatam Al Quran di adakan di Masjid Al Muttaqin Cubadak Aia Kel Tigo Koto Diate. Dengan Jumlah peserta khatam ada 50 Orang. Dalam arak arakan Khatam Al Quran ini juga di sambut dengan meriah oleh Walikota, Wwako Asisten 1dan 2, Kabag Kesra, Camat serta Lurah bertempat di halaman Balai Kota Payakumbuh. Apalagi Walikota juga merupakan masyarakat Koto Nan Godang.

Sementara itu Camat Payakumbuh Utara Desfita Warni STTP mengapresiasi kegiatan Khatam Al Quran ini, serta kelihatan duduk bersama dalam jamuan bersama Tokoh Masyarakat Cubadak Aia.

“Semoga kedepannya anak – anak kita bisa menjadi anak yang Sholeh dan meneruskan menuntut ilmu dalam memperdalam isi Al Qur’an dan jangan berhenti mengaji sehabis Khatam saja,” pesan Desfita Warni

(Iskandar.M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here