Polsek Payakumbuh Bersama Warga Turun Tangan Membersihkan Aliran Sungai Batang Sinamar

0
198

Koto Baru Simalanggang – Puluhan anggota Polsek Payakumbuh dan anggota Sabhara Polres Payakumbuh yang dipimpin Kasat Sabhara AKP Aknopilndo dan Kapolsek Payakumbuh AKP Afrinal lubis bersama masyarakat Koto baru simalanggang bersama sama membersihkan aliran sungai batang sinamar di jorong koto baru parumpuang, Minggu 12 Januari 2020.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi kondisi cuaca dan curah hujan tinggi yang akan turun pada awal tahun 2020 sesuai perkiraan BMKG Pusat. Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan yang disampaikan oleh Kapolsek Payakumbuh AKP Afrinal lubis mengatakan gotong royong bersama yang dilakukan oleh anggota Polsek Payakumbuh dan anggota sat sabhara Polres Payakumbuh dengan seluruh masyarakat kenagarian Koto baru Simlanggang.

Hal ini dilakukan karena melihat kondisi sungai batang sinamar banyak yang terban sisi sisinya serta banyaknya pohon pohon yang tumbang akibat terbawa arus yang masuk kedalam Sungai. Sehingga mengakibatkan arus sungai menjadi tidak lancar, kami bersama sama dengan warga serta BPBP Kabupaten limah puluh Kota, Danramil beserta anggota Koramil Payakumbuh dibantu muspika kecamatan berinisiatif melakukan pencegahan dengan cara membersihkan pohon pohon yang ada dalam sungai serta tumpukan sampah.

Harapan kita adalah dengan lancarnya kembali aliran sungai manakalan hujan lebat datang tidak menyebabkan terjadinya banjir, Kita bekerja mulai dari pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 12.30 menjelang waktu Shalat Dzuhur, alhamdulillah sungai batang sinamar sudah mulai bersih dan alirannya lancar, ujar AKP Afrinal lubis.

Sementara Wali Nagari Koto Baru Simalanngang Purwanto menyampiakan ucapan terima kasih kepada Kapolres Payakumbuh dan Polsek Payakumbuh serta semua pihak yang telah membantu warga untuk membersihkan aliran batang sinamar dari tumpukan sampah dan batang kayu yang cukup banyak didalam sungai, apabila tidak segera dibersihkan maka apabila tiba tiba turun hujan deras sudah sudah pasti air sungai akan meluap dan lahan pertanian kami akan terkena banjir. Semoga kedepan hal hal baik seperti ini bisa kita lakukan lagi secara bersama sama, ujar nya.

Polres Payakumbuh dalam bebera hari terakhir ini sudah tiga kali melakukan pembersihan aliran sungai, yang paling menonjol adalah pembersihan Sungai Batang agam jembatan ratapan ibuh yang dipimpin langsung oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK MH, pembersihan sungai batang lampasi yang dipimpin Kapolsek Kota Payakumbuh AKP Julianson dan yang terakhir pembersihan sungai batang sinamar di Koto baru simalanggang Kab 50 Kota. (Benpi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here