Ninik Mamak Solsel Inginkan Kapolda Sumbar jadi Gubernur Sumbar

0
62

PAYAKUMBUHPOS.COM — Kapolda Sumbar Irjen Polisi Fakhrizal melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Solok Selatan, Sabtu (21/9) dan bermalam di daerah yang berjuluk “Nagari Saribu Rumah Gadang” itu.

Hadir di Padang Aro Solok Selatan dan bermalam pula, membuat masyarakat bersama tokoh adat yakin kalau Kapolda Sumbar Fakhrizal inilah pemimpin Sumbar ke depan, dan diharapkan maju di Pilkada Sumbar 2020.

Pada tanya jawab dengan tokoh adat di nagari sarantau sasurambi, para pemangku adat mempertanyakan soal Kapolda apakah jadi maju di pemilihan Gubernur Sumbar 2020. Bahkan tokoh adat di LKAAM Solok Selatan Noviar Dt. Rajo Endah meminta Kapolda Sumbar Fakhrizal bersedia maju sebagai calon Gubernur Sumbar.

“Kami bersama ninik mamak di sini meminta Bapak Fakhrizal agar bersedia maju sebagai calon gubernur untuk membawa Sumbar ke depan lebih baik lagi. Sebab sosok Fakhrizal yang tegas berwibawa serta dikenal sebagai Kapolda Ninik Mamak, kami yakin inilah pemimpin Sumbar yang diharapkan semua masyarakat,” sebutnya.

Apalagi kata Noviar, pemimpin Sumbar harus punya hubungan baik ke pusat pemerintahan, soalnya memajukan suatu daerah erat kaitannya dengan politik. “Kalau gubenurnya dekat dengan Pemerintah Pusat, Insyaallah Sumbar pasti maju dan sejahtera. Artinya kedekatan dengan Pemerintah Pusat menjadi salah satu alasan kami meminta bapak Kapolda maju jadi calon gubernur,” ujarnya.

Kapolda dengan senang hati menjawab permintaan para perwakilan anak kemanakan (niniak mamak) tersebut, Kapolda Sumbar Fakhrizal mengatakan lihat dulu perkembangan ke depan, masih banyak tugas sebagai polisi yang belum selesai. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat dalam hal ini.

“Saya lihat bagaimana ke depannya, dan harapan ninik mamak di Solok Selatan tentu menjadi semangat saya dalam bekerja untuk tugas di kepolisian, dan soal maju Cagub, Insyaallah masih ada waktu bagi saya mempertimbangkannya,” ujar Fakhrizal.

Pada sesi lain Kapolda Sumbar diharapkan sebagian tokoh masyarakat dan tokoh adat mengajak Kapolda agar selalu memperhatikan daerah yang banyak potensi alam, termasuk menambah personil dan kantor Mapolsek.

Hamdani Dt Gindo Putiah, seorang ninik mamak Kecamatan Pauh Duo mengatakan, Kecamatan Pauh Duo sudah berdiri sejak 17 tahun yang lalu jumlah penduduk yang lumayan bertambah setiap tahun. Perkembangan masyarakat termasuk keamanan sudah tidak terakomodir lagi oleh satu Kapolsek dua kecamatan.

Oleh karena itu dia mewakili masyarakat Pauh Duo berharap kepada Kapolda agar bisa membangun sebuah Mapolres di Pakan Selasa. Semua prosedur akan dilalui, terkait masalah tanah tidak akan bermasalah, masyarakat siap menghibahkan. ***

Sumber : fajarsumbar. com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here