Puluhan Rumah Rusak Akibat Longsor Sawahlunto

0
107

SAWAHLUNTO – Puluhan rumah rusak, terkena material longsoran dan pohon tumbang di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Selasa (11/6) hingga Rabu (12/6), Meski tak ada korban jiwa, namun kerusakan parah, sedang, dan ringan menghiasi beberapa desa di kota wisata tambang tersebut.

Kepala BPBD dan Kesbang Kota Sawahlunto Adri Yusman, yang dihubungi saat berada dilapangan (Rabu, (12/6) mengatakan, dari data sementara, ada 30 rumah warga mengalami kerusakan bervariasi di beberapa desa dengan kondisi rusak berat, sedang, dan ringan. untuk mengantisipasi terjadinya longsoran ditengah hujan yang belum reda, pihak BPBD mengevakuasi warga dibantu masyarakat dan 20 anggota Tagana.

“Lokasi ada dibeberapa desa di Kecamatan Barangin, Lembah Segar dan Kec. Silungkang. Personil BPBD dibantu petugas Tagana dan masyarakat dikerahkan untuk evakuasi korban, sembari melakukan tindakan preventif dengan menutupi celah longsoran dengan terpal dan platik, serta membuka sumbatan aliran riol “. Ungkap dia.

Dikatakannya, tidak hanya longsor dan pohon tumbang, akibat hujan lebat, juga merusak jalan desa yang cukup serius. saat ini, kata Adriyusman, seluruh titik longsor sudah tertangani sementara. Warga diunsikan kerumah keluarganya dan ada yang di inapkan di kantor KAN sperti korban di Desa Pasar Kubang, Kecamatan Lembah Segar.

Sedang seluruh longsor yang menutupi urat nadi transportasi sudah dibuka dan dapat dilalui kendaraan sebagaimana dilaporkan Kapolsek Muaro Kalaban Iptu Usman Nurwidi,seperti tiga titik di jalur lintas Sumatera di Muaro Kalaban, kemudian dua titik longsor jalan Muaro Kalaban-Sawahlunto, dan 8 titik longsor jalan Kubang-Lunto menurut Adri Yusman juga sudah normal.

“Saat ini, Semua jalur sudah dapat dilalui kendaraan, meski para pengguna jalan tetap waspada. kami menghimbau semua warga berhati-hati berada dititik rawan bencana”.tukuknya.

  
Berdasarkan data yang diterima, terdapat satu rumah warga tertimbun dibagian dapur dan satu ruko milik Zaini yang saat ini kondisinya rusak berat. Kemudian di Pasar Kubang 15 rumah terdampak longsoran, tiga diantaranya rusak berat, enam rusak sedang selebihnya rusak ringan. Sedangkan di Desa Lunto Timur dan Kubang Tengah ada 2 rumah yang terkena longsor.

Sedangkan rumah yang terkena pohon tumbang terdapat di Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, rumah yang terkena menurut Adri Yusman mengalami rusak berat dan parah, tapi tak ada korban jiwa saat peristiwa tersebut terjadi, dan penghuninya sudah di ungsikan untuk sementara kerumah keluarga terdekatnya.

Diperkirakan, kerugian yang menimpa warga lebih diatas 200 juta, termasuk infrastuktur jalan desa. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui  jumlah pasti kerugian.(id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here