Walikota Padang Panjang Segera Realisasikan Sport Centre Terlengkap di Sumbar

0
445

PADANGPANJANG – Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran BBA Dt Paduko Malano saat ini sedang fokus menyiapkan program realisasi pembangunan sport centre terlengkap di Sumatra Barat.

“Fokus saya saat ini ke pembangunan sport centre terlengkap di Sumbar. Kenapa?  Sebab masuk dalam program visi dan misi saya saat mencalonkan dulu, ” kata Fadly Amran dalam acara silaturahmi dan diskusi dengan sejumlah wartawan di pendopo walikota, pekan lalu.

Menurut Walikota termuda di dunia ini, dirinya sudah mengajukan proposal anggaran pembangunan sport centre itu ke pusat. Sistim pembiayaan yang diajukan berupa multi years. Tetapi Fadly tidak menjelaskan batas waktu selesainya.

Tetapi pada prinsipnya, menurut alumnus sekolah bisnis di Amerika Serikat ini, pembangunan sport centre itu bertujuan mengaktifkan segala cabang olah raga di kota Serambi Mekah.

Selanjutnya, keberadaan sport centre juga berfungsi sebagai sarana dan tempat berlatih semua cabang olahraga bagi para atlit di Sumbar. “Konsepnya persis seperti Stadion Hambalang Bogor, ” jelas Fadly Amran yang memiliki panggilan kecil, Ai.

Kepada awak media, Ketua DPD KNPI sumbar ini menyampaikan alasan mengapa Padang Panjang perlu membangun sport centre. Menurut dia, Padang Panjang dengan iklimnya yang dinamis sangat tepat menjadi pusat kegiatan olahraga di Sumbar. Sebab sampai saat ini belum ada daerah yang membangun fasilitas lengkap dan sarana latihan untuk semua cabang olahraga.

Kemudian, lanjut Fadly, dengan dibangunnya sport centre akan mendorong berkembangnya wisata olahraga di Padang Panjang, dimana para pelancong akan datang ke Padang Panjang setiap week end sambil berolahraga.

Fenomena seperti itu, kata Fadly, sudah dia cermati sejak menjadi walikota. Antusiasme masyarakat Padang Panjang dan pelancong berolahraga di Padang Panjang sangat tinggi. “Ini bisa menjadi trigger point bagi pengembangan wisata olahraga,” ujar Fadly.

Untuk menunjang pengembangan wisata olahraga itu,  dirinya juga sedang membahas kemungkinan pengembangan kuliner yang sehat di kawasan sport centre. Tujuannya supaya para pelancong baik sebelum dan sesudah berolahraga bisa membeli kuliner yang sehat.

Persiapan Poprov

Dalam kesempatan yang sama Walikota Padang Panjang ini menjelaskan misi pembangunan sport centre itu juga dalam rangka penyiapan venue untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Propinsi Sumbar di Padang Panjang.

Sekedar diketahui bahwa kota Padang Panjang ditunjuk oleh KONI sumbar sebagai tuan rumah Poprov Sumbar. Dari evaluasi ketersediaan venue dan alat kelengkapan lainnya, jelas Fadly, akhirnya diputuskan Padang Panjang terpaksa merangkul kabupaten Tanah Datar menjadi tuan rumah bersama Poprop tersebut.

“Belajar dari pengalaman Poprov ini makanya saya serius membangun sport centre itu, sampai saya harus menghadap langsung ke Kepala Staf Kepresiden Moeldoko untuk minta dukungan langsung dari presiden,” jelasnya.

Dia berharap upaya maksimal yang sudah dilakukan dapat terwujud secepatnya. Sehingga keterbatasan sarana olahraga di Padang Panjang dapat teratasi.

Menjawab pertanyaan wartawan, walikota yang selalu berkopiah ini, menyebutkan sudah ada tiga lokasi yang sudah diancar menjadi tempat pembangunan sport centre itu. Dia tengah mengupayakan bersama para ninik mamak memfinalkan salah lokasi yang pasti dalam waktu dekat ini.

“Saya sudah berulang kali mengadakan rapat dengan ninik mamak di Padang Panjang guna memutuskan satu lokasi yang defenitif. Sebab hal ini penting disegerakan sebelum anggarannya turun,” ujar ayah dari satu putra ini.

Ditambahkannya, selain pembangunan sport centre, dirinya juga sudah mengajukan tambahan anggaran untuk pembangunan fasilitas tambahan Islamic Centre yang sudah dibangun sebelumnya oleh walikota lama Hendri Arnis (Awe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here