Prodi S2 Bahasa Indonesia FBS UNP Lakukan Inovasi Kurikulum

0
114

PADANG – Di era revolusi industri ini, perlu literasi baru tentang data yang besar dalam jaringan dan literasi teknologi dan memanfaatkannya secara cerdas untuk kepentingan kemanusiaan. Kurikulum di perguruan tinggi perlu ditinjau ulang sesuai dengan kebutuhan masa datang dengan memasukkan ide-ide baru untuk menyiapkan lulusan yang bisa responsif menghadapi tantangan masa depan.

Demikian ditegaskan oleh narasumber Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. dari Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta pada lokakarta Inovasi Kurikulum pada era revolusi industri 4.0 ini yang dilaksanakan hari ini (15/8) di Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.

Selain itu, Prof. Sarwiji menambahkan bahwa pembelajaran secara dalam jaringan sangat penting dalam pembelajaran pada masa kini dan pada masa datang. Pada masa kini dan pada masa datang, perpustakaan mungkin saja tidak dikunjungi lagi oleh mahasiswa secara nyata tapi dikunjungi oleh mahasiswa melalui dunia maya.

Dekan FBS Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum menegaskan bahwa inovasi kurikulum perlu dilakukan secara berkesinambungan agar lulusan FBS memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan oleh dunia lapangan kerja pada masa yang akan datang.

Lebih lanjut Koordinator Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNP Prof. Dr. Syahrul, M.Pd. menjelaskan bahwa lokakarya ini diikuti oleh semua staf pengajar yang berlangsung selama satu hari penuh.

Prof. Syahrul menambahkan bahwa inovasi kurikulum adalah pusatnya pembaharuan pendididik dan pengajaran, oleh karena itu perlu dilakukan secara terus-menerus agar kualitas lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja di era revolusi industri 4.0 saat ini. (ET)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here