Gempa Solok Selatan Warga Diminta Tenang. Ini Penjelasan BMKG

0
216

Ilustrasi lokasi gempa. BMKG

PADANG – Gempa bumi berada di darat yang berpusat di Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat pukul 01:55:02 WIB berada di zona sesar Sumatera. BMKG meminta warga tetap tenang dan tidak terpengaruh isu negatif.

Berikut penjelasan resmi BMKG:

• Hari Kamis, tanggal 28 Februari 2019, pada pukul 01.55.02 WIB, wilayah Solok Selatan diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan M=4.8. Pusat gempabumi ini berada di darat pada koordinat 1,59 Lintang Selatan dan 101.27 Bujur Timur, tepatnya 19 kilometer Barat Daya Kab.Solok Selatan, pada kedalaman 11 kilometer.

•Gempabumi yang terjadi di kabupaten Solok Selatan ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang terjadi akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) tepatnya pada pertemuan segmen Suliti dan Siulak.

• Berdasarkan laporan dari masyarakan goncangan tersebut dirasakan di Solok Selatan berkisar II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau antara II-III MMI.Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

• Hingga pukul 02.44 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan ada 1 kali aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

• Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

Padang Panjang, 28 Februari 2019

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang

IRWAN SLAMET,ST, M.Si

(editor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here