Bawaslu Payakumbuh Gandeng Media Dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019

0
107

Payakumbuh,- Mengangkat tema ” Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan”. Kegiatan yang digagas Bawaslu Kota Payakumbuh berlangsung di Tara Pool Cafe , Sabtu (23/2) berjalan sukses.

Acara yang dibuka oleh ketua Bawaslu Kota Payakumbub Muhammad Khadafi yang menghadirkan unsur media Se Kota Payakumbuh menyampaikan bahwa peran media sangat dibutuhkan dalam mengawasi pemilu 2019 ini.

” Bawaslu Kota Payakumbuh siap mengawasi segala tahapapan serta memberikan perlindungan kepada peserta pemilu dan penyelenggara pemilu 2019.” ujar Khadafi.

Khadafi menambahkan kita juga membutuhkan pengawasan partisipasi dari masyarakat yang didalamnya juga terdapat peran media di Payajumbuh untuk ikut secara aktif dalam melakukan pengawasan setiap tahapan,” imbuh Khadafi.

Semnentara Nurhidayati Bawaslu Provinsi Sumatera Barat mebyampaikan materi adanya UU nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

” Bagaimana Bawaslu dan Jajarannya mengawasi proses pelaksanaan pemungutan suara di tingkat TPS nantinya,” ucap Nurhidayati.

Selain itu ia juga menyebutkan bahwa dalam pengawasan kampanye telah dimulai sejak pendaftaran para peserta pemilu hingga akhit pelaksanaan pemilu 2019.

” Dalam tugas bawaslu ada tiga langkah yang harus dilkasanakan. Ketiga point tersebut ialah Pencegahan, Pengawasan dan Penindakan. Dimana dalam pencegahan bawaslu mensosialisaikan pengaturan tahap kampanye. Juga memetakan titik titik rawan di daerah. Setelah itu langkah pengawasan dimana bawaslu mengawasi segala kegiatan kampanye maupun pelanggaran yang ada. Terakhir dalam langkah penindakan bawaslu akan didampingi tim. Dimana ada unsur dari kepolisian ,Satpol PP dan Bawaslu sendiri,” pungkas Nurhidayati.( Ben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here